Rabu, 12 Maret 2014

Pengertian Data, Informasi dan Basis Data

Setelah membahas secara mendetail mengenai keunggulan penggunaan basis data, sekarang sebelum beranjak lebih jauh ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan data, informasi dan basis data.

Pengertian Data

Data adalah fakta mengenai objek, orang dan lain-lain. Data dinyatakan dengan nilai (angka, deretan karakter atau simbol, suara, video).

Pengertian Informasi

Informasi adalah hasil analis dan sintesis terhadap data. Dengan kata lain, informasi adalah data yang telah diorganisasikan ke dalam bentuk yang sesuai dengan kebutuhan seseorang, entah itu manajer, staf, ataupun orang lain di dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Menurut Encyclopedia of Computer Science and Enginering
Informasi adalah “data yang digunakan dalam pengambilan keputusan”, alasannya adalah bahwa informasi bersifat relatif, relatif terhadap situasi; relatif terhadap waktu saat keputusan diambil, juga relatif terhadap pembuat keputusan dan bahkan juga terhadap latar belakang pengambil keputusan.
Informasi menjadi sumber penting untuk melakukan pengambilan keputusan. Informasi dapat mengurangi ketidakpastian dan mempermudah pengambilan keputusan.

 Pengertian Basis Data

  1. Menurut Chou:
    Kumpulan informasi bermanfaat yang diorganisasikan ke dalam tatacara khusus
  2. Menurut Fabbri dan Schwab:
    Sistem berkas terpadu yang dirancang terutama untuk meminimalkan pengulangan data
  3. Menurut Harianto Kristanto:
    Kumpulan tabel-tabel yang saling berelasi, relasi tersebut biasa ditunjukkan dengan kunci (key) dari tiap tabel yang ada.

Pengertian Data, Informasi dan Basis Data Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar