Rabu, 12 Maret 2014

Komponen Jaringan Komputer

Adapun komponen-komponen dasar dari suatu jaringan komputer dapat dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:

  1. Server
    merupakan komputer yang bertugas untuk memberikan layanan kepada client. Digunakan dalam satu departemen dan digunakan oleh beberapa user. Pembagian server dapat dilakukan berdasarkan fungsinya.
    Yang termasuk didalam golongan server adalah mainframe. Mainframe merupakan komputer dengan kemampuan melakukan pemrosesan dengan sangat cepat, namun dengan harga yang sangat mahal. Mainframe sampai saat ini masih tetap dibutuhkan untuk pemrosesan database dan aplikasi yang kompleks.

    Komponen Jaringan Komputer
  2. Client atau workstation
    merupakan komputer yang digunakan oleh user, dapat berupa PC, laptop, atau perangkat keras lain yang mendukung jaringan. Tugas client adalah meminta layanan kepada server.

  3. Komponen jaringan lain,
    • NIC (Network Interface Card)
      Rangkaian berbentuk kartu yang berfunsi sebagai antar muka yang menghubungkan ke jaringan. Kartu ini terpasang di komputer.
     
    • Hub
      Untuk menghubungkan sekelompok komputer serta dari kartu jaringan komputer (Host) ke HUB
    • Switch
      Switch hampir sama degan HUB. Yang membedakan adalah bahwa switch dilengkapi dengan pengaturan sistem operasi yang manpu mengatur lalu lintas data.
    • Router
      Untuk menghubungkan jaringan satu ke jaringan yang lain.  Router memiliki kemampuan untuk menyaring atau memfilter data yang lalu lalang di jaringan berdasarkan protokol tertentu. Seperti brigde, router juga dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan model LAN bahkan WAN.
    • Bridge
      Digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang terpisah walaupun menggunakan media penghubung dan model atau topologi berbeda. Jadi mirip dengan jembatan pada kehidupan sehari – hari kita.

    • Reapeater
      Repeater bekerja memperkuat sinyal agar lalu lintas data dari client ke server atau sebaliknya lebih cepat apabila jarak antara client atau workstation ke server lebih jauh. Dengan repeater ini jaringan dan sinyal akan semakin kuat.

Komponen Jaringan Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar