Rabu, 12 Maret 2014

Definisi Jaringan Komputer

Definisi Jaringan Komputer

  1. Kumpulan komputer dan alat-alat lain yang saling dihubungkan bersama menggunakan media komunikasi tertentu, sehingga pengguna jaringan dapat bertukar data.
  2. Sejumlah atau sekelompok komputer yang terhubung melalui komponen jaringan komputer (NIC, serial port, USB, paralel port) menggunakan media transmisi (kabel, serat kaca, udara, air).
    Diantara komputer tersebut ada yang sebagai Server “memberikan layanan pada client” ada sebagai Client (Workstation).
  3. Menurut Odom (2014), jaringan komputer adalah kombinasi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan pengkabelan yang secara bersama-sama memungkinkan berbagai piranti komputasi untuk berkomunikasi antara yang satu dengan yang lain. 
Dua komputer atau lebih dapat dikatakan terinterkoneksi apabila komputer-komputer tersebut dapat saling bertukar informasi. Yang dimaksud dengan pengkabelan adalah adanya penggunaan medium tranmisi. Karena medium transmisi dari sebuah jaringan komputer bukan hanya melalui kabel, namun juga dapat melalui medium udara, yakni transmisi nirkabel.

Jaringan Komputer
contoh jaringan komputer

 Manfaat Jaringan Komputer

  • Resource sharing: dapat saling berbagi dan bertukar data antar sistem.
  • Menghemat biaya: dapat saling berbagi resource yang mahal.
  • Reliabilitas tinggi: dapat memiliki sumber-sumber alternatif persediaan.
  • Skalabilitas: memiliki kemampuan untuk meningkatkan skala sistem secara berangsur-angsur sesuai dengan beban pekerjaan dan hanya menambah sejumlah prosesor.
  • Media komunikasi: mampu menjadi media komunikasi antar personal yang terlibat dalam satu sistem yang menggunakan jaringan komputer.

Jenis Jaringan Menurut Luas Cakupan

  • LAN (Local Area Network)
    Suatu jaringan yang terbatas pada daerah yang relatif kecil. LAN biasanya terbatas pada daerah geografi tertentu, seperti laboratorium, sekolah, kantor atau gedung. Kecepatan antara 10 Mbps – 100 Mbps, sekarang 1Gbps. Jarak jangkaun 100 – 500 meter.
  • MAN (Metropolitan Area Network)
    Menggambarkan jaringan yang lebih luas dari LAN tapi masih terbatas geografi. Terbatas kota, pulau, dan sebagainya. Kecepatan antara 10 Mbps – 100 Mbps,  tergantung kondisi infrastruktur yang ada.
  • WAN (Wide Area Network)
    Menggambarkan jaringan yang tidak tidak terbatas pada geografi dan merupakan gabungan antara LAN dan MAN. Jaringan sudah lintas negara dan lintas benua. Kecepatan antara 10 Mbps – 100 Mbps,  tergantung kondisi infrastruktur yang ada.
  • PAN (Personal Area Network)
    Menggambarkan jaringan yang terbatas pada baik jangkau dan jumlah peralatan yang bisa dihubungkan. Digunakan untuk menggambarkan jaringan yang menggunakan infra red dan bluetooth.

Definisi Jaringan Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar